Kekompakan Santriawan

By MIFASSA 13 Feb 2018, 13:05:28 WIB

Berita Terkait

Kekompakan Santriawan

Sebuah team tanpa visi misi dan tujuan yang jelas, ibarat gurita yang memiliki tentakel  yang bergerak kearah yang berbeda. Hasilnya tentu tidak akan kemana-mana, malah yang terjadi tentakelnya saling terbelit. Tanpa visi misi dan tujuan yang jelas, setiap anggota team tidak memiliki panduan tujuan yang akan dicapai. Team building membutuhkan kerjasama, namun kerjasama bukan berarti bekerja bersama, namun dengan tujuan masing-masing. Kerjasama adalah bekerja bersama-sama saling berkait untuk mencapai tujuan bersama. Untuk itu tetapkan tujuan visi misi dan tujuan yang menjadi pegangan sebuah team.

- Kontrol Emosi

Dalam menjaga kekompakan penting sekali untuk meredam emosi. Apalagi ketika menghadapi tantangan. Dengan emosi yang salah seringkali keputusan yang diambil juga salah. Salah satu strategi menjaga emosi saat menghadapi masalah adalah dengan mengubah fokus. Salah satu caranya dengan mengganti pertanyaan kita. Sebagai contoh jika menghadapi masalah kita bertanya, “Mengapa hal ini terjadi?”. Salah pertanyaan tentu saja salah jawaban.  Pertanyaan yang fokus masalah membuat kita semakin emosi. Sebaiknya ganti pertanyaan kita menjadi fokus solusi, contohnya “Bagaimana caranya agar masalah bisa diatasi?”

Tips lainnya jika menghadapi masalah dan suasana sudah memanas, ubah suasana. Rehat sejenak akan membuat pikiran lebih jernih. Dan tidak ada salahnya menyelipkan sedikit humor  agar suasana tidak terlalu emosi.

- Komunikasi

Permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan kita, tidak hanya dalam team building, kebanyakan disebabkan karena permasalahan komunikasi. Hal hal sepele, jika dikomunikasikan dengan cara yang tidak tepat biasanya akan menimbulkan respon yang tidak diharapkan. Penting sekali untuk memperhatikan kata-kata, intonasi dan ekspresi kita da