11 Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

By MIFASSA 12 Feb 2018, 23:20:39 WIBUmum

Berita Terkait

11 Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupanum teh hijau sebelum mulai menghafal.

5. Catat kembali apa yang kamu hafal

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi yang sudah melekat di otakmu untuk di ikat lebih kuat lagi. Atau kamu juga bisa memanfaatkan smartphonemu untuk merekam apa saja yang sudah kamu hafal dan apa saja yang kamu lewatkan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengevaluasi semua hafalanmu. Selain itu, dengan mengucapkannya kembali akan memaksa otak bekerja lebih keras untuk mengingat.

6. Tulis terlebih dahulu sebelum memulai menghafal

Teknik ini juga banyak diterapkan oleh mereka yang lebih mudah mengingat pada saat mereka melihat gambar.

Caranya, terlebih dahulu kamu harus menulis semua yang akan kamu hafal. Kemudian, setelah kamu merasa akrab dengan apa yang akan kamu hafalkan tersebut, kamu bisa membantunya dengan membacanya kembali. Setelah itu barulah mulai dihafal.

7. Menghafal dengan memanfaatkan sticky notes

Sticky note biasanya dijual dengan beberapa pilihan warna dan sebaiknya kamu menyiapkan, misalnya 3-4 warna.

Apa yang telah kamu hafalkan tulis kembali pada lembar-lembar sticky note dengan warna yang berbeda-beda. Cara ini sangat ideal untuk pelajar yang mudah menerima pelajaran saat melihat gambar.

Kamu bisa menggunakan kode warna untuk membedakan subjek yang kamu hafalkan. Sehingga informasi yang kamu simpan di otak akan mengikuti kelompok-kelompok tertentu.

8. Terapkan langkah pengulangan

Untuk setiap baris teks, bisa kamu ulangi beberapa kali hingga kamu benar-benar menghafalnya sebelum berpindah ke teks yang lain.

Cara ini biasanya dapat membantu mencegah agar ingatan tidak memudar dalam waktu singkat. Karena semakin banyak kita mengulang, maka hafalan akan semakin kuat.